Terapi Antisense untuk ALS: Perkembangan Saat Ini & Potensinya di Masa Depan

Pengobatan pasien dengan Amyotrophic Lateral Sclerosis (ALS) telah memasuki era baru karena hasil yang menggembirakan mengenai Antisense Oligonucleotides (ASO) telah tersedia dan terapi ASO pertama untuk ALS telah disetujui oleh FDA. Selain itu, ada harapan tidak hanya bahwa ALS dapat dihentikan tetapi juga gejalanya dapat dibalik.

Hingga saat ini, menurunkan derajat ASO tampaknya berhasil terutama pada bentuk ALS familial yang lebih jarang. Namun, upaya pertama untuk memperbaiki kesalahan penyambungan pada ALS sporadis sedang dilakukan, serta uji klinis untuk menguji gangguan pada pengubah genetik.

Memahami Antisense

ASO adalah rangkaian pendek nukleotida – bahan kimia penyusun kode genetik kita – yang dirancang untuk berinteraksi dengan RNA. RNA bertindak sebagai pembawa pesan, membawa instruksi yang ditemukan dalam gen (DNA) ke pembuat protein sel (ribosom). Karena instruksi yang dijabarkan oleh nukleotida messenger RNA (mRNA) dapat diterjemahkan menjadi protein, maka ini dikenal sebagai rangkaian “sense”. ASO, sebaliknya, mendapatkan namanya karena para ilmuwan membangunnya dengan cara “antisense” yang saling melengkapi.

Karena desainnya yang saling melengkapi, ASO mencari dan menempel pada rangkaian mRNA tertentu, sehingga memungkinkan peneliti untuk menargetkan terapi secara tepat. Setelah ASO berikatan dengan mRNA, ASO dapat melakukan salah satu dari dua hal berikut: “merobohkan” mRNA atau memodulasi penyambungannya.

ASO Knockdown

Sebagian besar ASO yang sedang dikembangkan untuk mengobati ALS adalah apa yang oleh para ilmuwan disebut sebagai “ASO knockdown”. Ketika jenis ASO ini berikatan dengan mRNA (biasanya mRNA dibuat dari gen yang bermutasi), ASO menandai mRNA untuk dihancurkan sebelum dapat diubah menjadi protein beracun. Tanpa produksi protein beracun, neuron memiliki peluang lebih besar untuk tetap sehat, membantu memperlambat atau bahkan menghentikan perkembangan ALS.

ASO Knockdown mengeliminasi protein beracun yang bermutasi dengan mencegahnya diproduksi.

ASO Modulasi Splice

Alih-alih menghentikan pembuatan protein beracun, ASO modulasi splice berupaya meningkatkan produksi protein normal dengan memperbaiki kesalahan yang terjadi selama perakitan mRNA.

Ketika instruksi suatu gen disalin dari DNA ke RNA, instruksi tersebut berisi informasi penting yang disebut ekson dan informasi non-penting yang disebut intron. “Draft pertama” RNA yang dirangkai, dikenal sebagai pra-mRNA, berisi ekson dan intron. Kemudian, selama proses yang disebut penyambungan RNA, sel mengedit instruksi dengan menghilangkan intron yang tidak penting. Setelah intron dihilangkan, ekson digabungkan untuk membentuk instruksi akhir (mRNA) yang digunakan untuk membuat protein.

Terkadang, sel membuat kesalahan selama proses pengeditan ini, sehingga memengaruhi protein yang diproduksi. ASO modulasi splice bekerja dengan mengikat mRNA dan membantu sel memotong semua intron dengan benar sehingga protein normal dihasilkan.

ASO Modulasi Splice memperbaiki mRNA yang tidak mengikat sempurna sehingga protein normal dihasilkan

ASO dan ALS Familial

Penemuan dan pengurutan lebih dari 40 gen berbeda yang terkait dengan ALS telah memberikan para peneliti daftar awal kemungkinan target terapi antisense. Sejauh ini, ASO yang menargetkan empat gen ini berada dalam berbagai tahap perkembangan: C9orf72, penyebab genetik paling umum dari ALS; SOD1, penyebab paling umum kedua dari ALS familial; FUS dan ATXN2.

ASO dan ALS Sporadis

Dengan mempelajari ALS familial, para peneliti telah mengungkap peran penting produksi dan pemrosesan RNA dalam pengembangan dan perkembangan ALS. Dengan pengetahuan ini muncul harapan bahwa ASO juga dapat digunakan untuk mengobati ALS sporadis. Sebagian besar penelitian ini berpusat pada protein pengikat RNA yang disebut TDP-43.

TDP-43 adalah target yang menggiurkan bagi para peneliti karena gumpalan abnormal protein ini (juga dikenal sebagai agregat) ditemukan di hampir semua (97%) orang yang hidup dengan ALS. Biasanya, TDP-43 membantu menjaga sel-sel di sistem saraf pusat tetap sehat dengan mengatur proses produksi protein dari dalam nukleus (struktur pusat yang berisi DNA sel).

Pada ALS, TDP-43 keluar dari nukleus, berubah bentuk dan menggumpal menjadi agregat di sitoplasma sekitarnya. Hal ini tidak hanya berarti bahwa TDP-43 tidak dapat menjalankan fungsi sehatnya seperti biasanya, namun agregat tersebut juga menghalangi proses seluler normal lainnya dan menjadi racun bagi sel, sehingga menyebabkan degenerasi saraf.